Postingan

Menampilkan postingan dari April 25, 2010

METODE READING GUIDE

Gambar
METODE READING GUIDE (PANDUAN MEMBACA) DALAM PEMBELAJARAN SKI DI TINGKAT MADRASAH ALIYAH   A. PENDAHULUAN      Dalam kegiatan pembelajaran, terdapat dua kegiatan yang sinergis, yakni guru mengajar dan siswa belajar. Sementara sisiwa belajar bagaimana seharusnya belajar melalui berbagai pengalaman belajar hingga terjadi perubahan dalam dirinya dari aspek kognitif, afektif psikomotoriknya. Persoalannya bagaimana mengaktifkan siswa agar secara sukarela tumbuh kesadaran mau dan senang belajar? Karena itu, guru harus merancang kegiatan pembelajaran yang memungkinkan siswa melakukan kegiatan belajar secara aktif, baik fisik maupun mental. Siswa akan belajar secara aktif kalau rancangan pembelajaran yang disusun guru mengharuskan siswa, baik secara sukarela maupun terpaksa, menuntut siswa melakukan kegiatan belajar. Rancangan pembelajaran yang mencerminkan kegiatan belajar secara aktif perlu didukung kemampuan guru memfasilitasi kegiatan belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsu